Korean Air |
Usut punya usut Hyun-ah yang statusnya saat kejadian penumpang di salah satu kursi bisnis, marah melihat pramugari menghidangkan kacang macadamias dibungkus plastik, bukannya memakai piring. Dia merasa pegawainya melanggar prosedur pelayanan bagi penumpang kelas satu.
Putri kandung Direktur Utama Korean Air, Cho Yang-ho, ini lantas marah-marah lantaran sang pramugari bertindak dianggap tidak profesional. Beberapa saksi mengatakan dia membentak anak buahnya, sambil menanyakan isi buku manual pelayanan.
Tak cuma itu, dia pun memerintahkan pilot memutar kembali pesawat ke garbarata. Hyun-ah menuntut sang pramugari diturunkan. Posisi pesawat ketika insiden ini terjadi akhir pekan lalu padahal sudah siap tinggal landas, seperti dilansir the Daily Mail, Rabu (10/12).
Ulah perempuan dikenal dengan sapaan Heather itu bikin operator Bandara JFK panik, demikian pula 249 penumpang lainnya yang bingung kenapa pesawat kembali ke garbarata. Jadwal terbang pesawat bernomor KE086 tersebut akhirnya molor 20 menit. Ketika kabar ini mencuat, publik Negeri Ginseng marah besar.
Di jejaring sosial, kelakuan Hyun-ah yang arogan dikritik habis-habisan. Tak kurang, Otoritas Transportasi Korsel langsung menggelar investigasi.
Hyun-ah sempat berdalih kehadirannya di pesawat dalam rangka memeriksa profesionalitas pegawai. Namun, pemerintah Korsel berhasil menemukan manifes yang membuktikan dia hanya penumpang biasa saat kejadian, bukan dalam rangka tugas sebagai anggota direksi.
"Kasus seperti ini belum pernah terjadi. Jadi kami masih perlu mempelajari aturan yang terkait," ujar pernyataan pers Kementerian Transportasi Korsel mengenai kemungkinan Hyun-ah dikenai sanksi pidana.
Setelah ramai diberitakan, Selasa (9/12) malam waktu setempat, Hyun-ah menyatakan mundur dari posisinya sebagai Wakil Direktur Utama Korean Air. Sang ayah menerima pengunduran diri putrinya tersebut.
Manajemen Korean Air pun telah menggelar jumpa pers berisi permohonan maaf. Kendati demikian, perusahaan berusaha membela Heather dan menyebut tingkah laku anak bos itu wajar demi menegakkan disiplin internal.
Korean Air adalah maskapai nasional pertama Korsel. Pada 1964, BUMN itu akhirnya diprivatisasi, lalu sahamnya dikuasai Grup Konglomerat Hanjin. Kendati meraih status maskapai kelas bisnis terbaik di Asia untuk 2012, Korean Air mencatatkan rugi operasional tahun lalu hingga USD 20 juta. [Mrd]
EmoticonEmoticon